Admin 17 Feb, 2024

Babehwin K- Poper Sangat Dini di Indonesia

Jauh saat sebelum BTS serta Blackpink memiliki pengaruh besar atas persebaran kebudayaan pop Korea di dunia, spesial nya di Indonesia sebagian waktu belum lama ini, pengaruh sangat dini Kpop bisa dilacak terjadi pada dini 2000- an melalui Babehwin. Tidak hanya itu persebaran Korean Wave ataupun hallyu dalam bidang musik terjalin lewat produk gim online yang di Indonesia berketepatan dengan masa warnet golden age( masa jaya warnet) di mana konsumennya rata- rata merupakan pelajar SD hingga anak kuliahan.

babehwin

Dekat 2000- an ialah era keemasan warnet( warung internet). Pada masa itu warnet bukan cuma di pakai buat media sosial, salah satunya yang sangat populer merupakan friendster, tetapi pula digunakan buat bermain online game pc yang kala itu pula lagi trend. Banyak warnet- warnet setelah itu memasang aplikasi permainan online di pc mereka supaya kanak- kanak berdatangan ke warnet. Perihal ini sesungguhnya pula mempengaruhi kurang baik untuk para pelajar. Sebab sepulang sekolah, dengan masih menggunakan seragam, kanak- kanak tersebut singgah ke warnet. Lebih kurang baik lagi, warnet ialah pelarian ataupun alibi untuk pelajar buat membolos sekolah. Disebabkan pada dasarnya gim ini gratis to play beberapa orang terpaksa menghasilkan duit yang tidak sedikit buat membeli cash vocher ataupun mata duit virtual di dalam gim.

Sebagian gim yang online yang populer kala itu terdapat Seal Online, Rising Force Online, Cabal Online, Gunbond, Ayodance, serta Dota. Salah satu gim yang lumayan terkenal untuk bocah- Babehwin baik di golongan laki serta wanita merupakan Ayodance. Ayodance sendiri ataupun nama resminya Audition Online ialah gim yang berasal dari Korea Selatan. Gim ini dibawa ke Indonesia pada 2007 oleh perusahan gim bernama Megaxus yang didirikan pada 2006.

Ayodance ialah game yang berjenis music permainan atau rythem game yang berfokus pada tarian dari kepribadian yang kita pakai dalam permainan tersebut. Si player wajib menekan tombol arah yang cocok dengan instruksi arah panah yang terdapat dalam gim lalu menakan tombol spasi pada garis putih horizontal tersebut.

Kesusahan dari permainan ini bergantung fashion yang digunakan serta pula seberapa kilat lagu tersebut( di dalam permainan diistilahkan bpm). Terus menjadi besar bpm, player pula wajib terus menjadi kilat menekan tombol arah yang diinstruksikan. Bpm dalam permainan ini dekat 80 bpm sampai 190.

Game ini sangat diminati. Nyaris segala warnet yang menyedian gim online di komputernya mempunyai Ayodance. Ayodance bukan hanya menyediakan PvP yang kompetitif. Tetapi pula menawarkan fasilitas komunitas serta keromantisan. Dalam gim tersebut para player dalam membentuk club di mana bermacam pemain dapat bergabung serta pula ada sistem couple di mana kedua permain di dalam gim dapat silih berpasangan secara virtual.

Sebab ialah gim asal Korea Selatan serta bertemakan dance modern, pasti saja lagu- lagu yang banyak digunakan pula lagu- lagu pop Korea. Ada 2 tipe lagu di dalam gim ini. Awal, merupakan lagu original buatan industri yang sebagian besar ialah lagu pop Korea serta yang kedua merupakan lagu- lagu dari bermacam penyayi dari luar industri. Lagu- lagu dari luar industri tersebut ialah penyanyi- penyanyi Korea, Barat, serta apalagi Indonesia.

Salah satu lagu yang lumayan populer merupakan" Lovely"( 188 bpm) dari Kim Jong Kook. Lagu tersebut popular tidak hanya karina lagunya yang lezat, namun pula mempunyai tingkatan kesusan sangat besar sebab kilat. Sehingga lagu tersebut sering dijadikan bermacam pemain buat menguji kecepatan tangan ataupun skill mereka. Orang- orang yang lihai bermain Ayodance umumnya orang tersebut jadi populer di warnet. Meja komputernya sering dikerubungi oleh orang- orang yang mau memandang skill pemain tersebut.

Tidak hanya" Lovely" dari Kim Jong Kook, lagu- lagu yang terkenal yang lain merupakan" Ave Maria"( 160 bpm) dari A. Jung Kim, lagu- lagu dari kelompok music Epik High semacam" Umberella"," Paris" dan" Fan". Dari penyanyi terkenal yang saat ini masih eksis ada IU dengan" Good Day". Selain itu masih banyak lagu- lagu K- pop yang lain. Uniknya, walaupun lagu- lagu tersebut terus diulang- ulang para kanak- kanak warnet tersebut apalagi tidak tau kalau bahasa yang digunakan oleh penyayi- penyayi tersebut merupakan bahasa Korea serta bisa jadi pula mereka tidak ketahui kalau negeri bernama Korea itu terdapat.

Tetapi dapat dilihat kalau disebabkan permainan terebut lagu- lagu K- pop jadi tidak asing untuk mereka. Pertemuan- pertemuan sangat dini orang- orang Indonesia dengan bahasa serta musik Korea malah salah satunya lewat lewat media gim online dengan campuran masa kejayaan warnet. Mereka memperoleh rujukan musik Korea dari gim ini. Ayodance juga senantiasa mengupdate lagu- lagu mereka sehingga para playernya pula menjajaki pertumbuhan musik Korea. Buat mencermati lagu- lagu K- pop mereka tidak wajib membuka Youtube yang kala itu masih lelet serta membeli kaset- kaset mereka. Lumayan membayar 3000 rupiah ke operator warnet. Bocah- Babehwin sudah mendengar lagu- lagu Kpop apalagi 3 tahun saat sebelum konser awal SHINee pada 2010.